Wednesday, May 5, 2010

Jakarta for Tourists (Beginner Level) Part #2

Melanjutkan posting sebelumnya dengan judul yang sama, ini dia edisi dua nya sudah muncul. Jalan-jalan pada episode ini akan membawa kita ke beberapa tempat yang penuh pengetahuan di sekeliling Jakarta, mari kita simak..... *dengan gaya Prita Laura Metro TV*

1. Wisata Istana Presiden
Mungkin ga banyak yang udah tahu kalau istana presiden (iya, istana presiden yang buat upacara di tipi-tipi itu), sekarang dibuka untuk umum pada hari Sabtu-Minggu. Di sana kita akan dibawa oleh Tour Guide keliling ruangan di Istana, diberikan penjelasan sejarah dan kegunaan masing-masing, foto bersama oleh petugas foto (ga boleh bawa kamera), dan sebelumnya diajak nonton video tentang Sejarah Istana dan para penghuninya (5 presiden RI sebelumnya). Dari penjelasan videonya, pembukaan Istana presiden untuk umum ini konon dimaksudkan untuk menumbuhkan sense of belonging seluruh rakyat terhadap Istana. Emang bener sih, gedung dan isinya indah...sayang kok peninggalan Belanda ;-)

How to get there?

Karena waktu itu aku sama Ibu yang sudah gampang capek kalau jalan kaki, jadi kita naik Taksi dan turun di Sekretariat Negara (pintu masuk Istana untuk wisata ini ada di kantor Setneg di Komplek Istana). Tapi pulangnya aku sempat lihat halte busway terdekat adalah Harmoni, mungkin sekitar 500 meter jalan kaki, within reach lah yaa... :)

Catatan Penting untuk Wisata Istana Presiden ini:
1. Sistem wisatanya dibagi ke dalam kelompok gitu. sekitar 30an orang sekali dipandu Tour Guide (Tour Guide adalah Polisi--eh atau TNI ya? tp pokoknya bukan petugas guide wisata biasa). Pendaftaran dibuka sejak jam8 dan tutup jam 3 sore, tanya Pak Satpam aja untuk lokasi pendaftarannya.
2. Berpakaian sopan, no T Shirt, Jeans (Jeans alike juga tetep ga boleh).
3. Jangan lupa bawa Kartu Identitas utk ditinggal saat pendaftaran, wisata ini gratis, jadi cuma modal kartu identitas doang. hehe
4. Peminat utama dari wisata ini adalah anak-anak dan ibu-ibu. Jadi biar kita gak salting, kalau mau ke sana, kawula muda seperti kita ini harus mengajak ibu kita atau anak tetangga. Dan benar saja, ketika ikut wisata ini, aku sekelompok sama anak-anak TK dari Bekasi dan para ibu-ibu pengajian dari Bandung. Untung waktu itu alibiku adalah :"Iya..ini mengantar ibu dari Jogja.." hehe, padahal aku yang sebenarnya ngajak-ngajak ibu:)
5. Terakhir, dan yang paling penting, Presiden SBY dan keluarganya tinggal di Istana ini pada Senin-Jumat. Tetapi kalau Sabtu-Minggu, mereka pindah ke Cikeas. Jadi kita gak perlu make up atau latihan salaman buat jaga-jaga kalau-kalau ketemu Presiden pas ikut wisata. Hehe :p

"Ini nih ibu saya...." (antri buat foto beginian aja lama banget, hehe)

2. Museum Nasional/Museum Gajah
Berawal dari temen yang ngasitau kalau di masuk museum ini cuma bayar Rp.750, akhirnya aku ke sana juga dengan penuh semangat! (hehe dasar). Sesampai di sanaaaa.......museumnya gedeeeeee banget, trus baguus...informasi lengkap, barang-barang yang dipajang juga banyak dan (kayaknya sih) orijinal, udah gitu ber-AC lagi! Wah jadi heran kenapa masuk museum ini jadi lebih murah dari harga teh tawar!
Nah pada dasarnya Museum ini bercerita tentang Indonesia : Geografinya, Sukunya, Seni da Budayanya...termasuk sejarah-sejarah di dalamnya. Worth to visit kan? Nah kalau di sini, pengunjung utamanya adalah anak-anak dan buleee!! Berhubung saya bule, jadi sih nyaman-nyaman aja tuh di sana (hayah).

How To Get There?
Pakai Busway Jalur Merah, turun di halte "Monumen Nasional" ingat ya bukan halte"Museum Nasional" (soalnya ga ada tuh halte museum nasional). hehe. Nah, dari halte turun persis di depan Museum, jadi tinggal mlumpat aja... :D

"Ini nih Museum Gajah, awalnya aku mau nampilin patung gajahnya...tapi ternyata keciiiiiil banget, aku jadi heran kenapa dinamain Museum Gajah ya?"

3. Planetarium
Nah..buat yang pengin beromantis-romantis ria seperti dalam film Bangkok Traffic Love Story (walah kayak udah nonton aja), di Planetarium Jakarta lah tempatnya..! Planetarium ini terletak di Taman Ismail Marzuki, di jalan Cikini Raya. Di sana kita bisa melihat bintang, meteor, komet, tatasurya dan segala penjelasannya....melalui pemutaran film. Tapi cara nonton filmnya gak konvensioal, kereen bgt, wuiih bioskop aja bisa kalah lo.. Jadi, penonton nonton di kursi yang agak leaning, agak kayak bobok gitu, trus nontonnya di langit2 planetarium yang berbentuk kubah, semua lampu dimatiin gelap gulita, jadi suasana kubah seperti tengah malam dan bertabur bintanggggggg.....dari situ deh proyektor main, nunjukin rasi bintang yang menuhin kubah, komet yang meluncur di sepanjang kubah, dan tata surya yang bergerak-gerak...
Oh ya, kalau kubilang tadi tempat ini romantis, itu cuma promo doang. Soalnya banyakan yang datang adalah anak-anak keciiiiill...dari bayi sampai study tour TK. Bahkan, di ruang tunggu sebelum masuk "bioskop" nya, setiap beberapa menit si mbak-mbak resepsionis akan mengumumkan "Diberitahukan kepada adik-adik semua, dimohon untuk tidak berlari-lari di sepanjang ruang tunggu, demi keselamatan bersama"---walah, walah, kayak mau perang aja ;-)

How to get there?
Nah berhubung Cikini itu masih dalam radius beberapa meter dari tempat kerjaku, jadi aku bisa ke sana dengan angkutan pribadi karena udah tau jalaan!! (ouuh bangganyaa...). Kalau angkutan umum, Busway ga ada. tapi ada kayak bis-bis umum gtu tp aku ga tau jalurnya. Tapi kl mau naik taksi, bilang aja ke Plantearium TIM, di cikini. Trus, bayar tiket masuk nonton Rp.7500. Oke deh pokoknya! :)

"Tim nonton, padahal yang lainnya anak-anak semua...hehe pede aja :D"

4. Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Kalibata
Nah...ini nih lucu. Awalnya aku ada rapat di depan TMP Kalibata, jadi kan untuk pertama kalinya aku lewat depan TMP...dan berasa pengin lihat. Terinspirasi dari makamnya Bethoven dan Mozart yang bagusss bgt, jadi kufikir pasti TMP ini juga bagus, atau setidaknya menarik untuk dikunjungi. Dari luar aja kelihatan ada kolam dan patung garuda, nah pasti worth to visit. Nah, tp kan aku gak tau itu tempat boleh dimasuki untuk umum/tidak. Jadi aku cerita2lah sama temanku yang indah dan bernama Indah pula...kuutarakan keinginanku ini karena rumahnya di daerah2 situ. Dan..tak dinyana dia menjawab: besok ke sana aja sama aku, sekalian aku mau nyekar eyang....

Wow..dan alhasil..inilah TMP Kalibata:
"Nama Pahlawan yang dimakamkan di TMP Kalibata berdasarkan tahun, sejak tahun 1945"

"Makam 5 Pahlawan Revolusi yang beragama Islam (yang disemen jadi satu), dua lainnya Nasrani dan dimakamkan di kompleks makam Nasrani"

"Mbak Indah dan Almarhum Eyang...."

Nah, begitulah weekend saya beberapa minggu terakhir ini. Lagi lagi, perjalanan ini adalah tentang menemukan sebanyak-banyaknya nilai kehidupan yang lain, dan tentu saja tentang kesyukuran atas kehidupan. Alhamdulillah, semoga diberi kesempatan jalan-jalan lagi :)

8 comments:

MFF said...

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah. Karena itu aku ucap ken terima kasih kepada para peserta yang telah mengikuti acara wisata kota ini yang merupakan suatu bentuk penghargaan terhadap sejarah bangsa.

WIWIEN said...

terima kasih bung MFF...akhirnya meninggalkan pesan juga...
:p

bocahbancar said...

Hhmm..Menarik nich,,,, Saya belum pernah satu pun he he he he :D

WIWIEN said...

hehe...cobalah... :D

defri said...

Wien...kalo jalan2 sama peacegen jkt bilang2 yaaa...hehehe

WIWIEN said...

Siap def..biasanya ma bimas, aik, astrid...horee akhirnya member bertambah!
Yang planetarium itu diajakin nimbrung kumpul2nya anak SMA3...hihi
btw, selamat ya def ketrima kerjanya di Jakarta! welcome to the clubb :))

giek said...

win, kalo aku ke jakarta ajak jalan² ye :D

WIWIEN said...

tarif nya menyusul ye :D

Post a Comment

 
Copyright 2010 Wien Wien Solution. Powered by Blogger
Blogger Templates created by DeluxeTemplates.net
Wordpress by Wpthemescreator
Blogger Showcase