Thursday, April 28, 2011

Update Masakan

Wah, akhirnya update masakan juga..setelah terakhir nulis tentang masakan bulan juli di sini. Nah,berhubung pergantian status saya bulan februari kemarin, masakan kali ini sudah teruji oleh lidah Mas Anas, yang untungnya selalu makan di saat lapar, jadiii...pasti habis :D.

Tema masakan kali ini masih sekitar masakan sehari-hari yang bisa dimasak dengan sangat cepat (soalnya kan pulang kantor *alesan buat nutupin males). Juga, karena kami sama-sama suka sayuran, maka masakannya juga gak jauh-jauh dari dedaunan, walaupun sumpah kami bukan kambing. Oh ya, karena kamera ku lagi di Jogja, jadi ini dipotret dengan kamera HP. Makanya untuk menyamarkan kualitas kamera, lay out foto dibuat dekoratif *berasa manten aja pake dekor.
Langsung saja yaa...

Sayuran Bumbu Bakmi
Bahan:

1. Sayuran (buncis, jagung muda, wortel)--atau bisa juga sawi hijau dan sawi putih
2. Bakso
3. Tahu
Bumbu:
Kemiri, Bawang Putih, Bawang Merah, Garam, Merica
Cara:
1. Haluskan semua bumbu, lalu tumis
2. Masukkan Bakso dan Tahu yang telah dipotong2 (waktu itu tahunya kurebus dl bentar)
3. Masukkan semua sayuran yang telah dipotong2, dimulai dari yang paling lama matang.
4. Masukkan sedikit air, tunggu sampai kering, dan selesai.. Cepet kan? :D
5. Untuk pengajian, taburkan sledri dan bawang goreng
*kenapa namanya bumbu bakmi? karena pake kemiri, itu saja..dan rasanya pun berasa seperti mie jawa :p
**untuk cara bikin telur dadar, skip yow
Tumis Kangkung
Inii lebih cepet lagi.....
Bahan dan Bumbu:
1. Kangkung
2. Bawang putih diiris2, garam, merica
3. Terasi
Cara:
1. Tumis bawang dan terasi
2. Masukkan Kangkung
3. Tambah sedikit air,
sudaaah :p
Balado Terong Panggang
Bahan dan Bumbu:

1. Terong dipotong memanjang,kira2 seukuran jari tangan
2.Cabe merah (yg banyak)
3. Tomat
4. Bawang putih dan Bawang Merah
5. Garam, Merica
Cara:
1. Panggang terong yang telah dipotong dalam oven kira-kira 10-15 menit (bisa juga digoreng sangan tanpa minyak di wajan anti lengket)
2.Campur dan haluskan semua bumbu, lalu dipanggang juga, kira-kira 5 menit
3. Tuangkan bumbu ke atas terong, lalu panggang sekali lagi selama kira-kira 10 menit
*berbeda dengan cara masak kalau digoreng, terong panggang ini masih terasa juicy dan pedasnya seger dan mantep bangettt, buat penyuka pedas..pas banget!


Tempe Kering
Tempe kering ini merupakan favoritku, karena rasanya pedas dan tentu saja manis, hoho
Bahan
1. Tempe, diiris memanjang,agak tipis
2.Cabe merah
3.Bawang Merah, Bawang putih
3.Gula jawa, kecap, garam
4.Daun serai, salam
Cara
1. Bumbui tempe yang telah diiris dengan garam dan bawang putih
2.Goreng tempe sampai kering
3.Cincang cabe merah,bawang merah,bawang putih, lalu tumis
4.Tambahkan gula jawa, daun serai dan salam, masukkan sedikit air dan garam
5.Tambahkan tempe yang sudah digoreng, tambahkan kecap, masak sampai kering.
*bisa juga ditambahkan kacang plong yang sudah digoreng

Nah, tempe kering di atas juga bisa diganti dengan kentang, cara bikinnya sama persis. Bedanya, aku hanya pakai sedikit gula jawa dan tanpa kecap, jadi rasa kentangnya pedes banget, balado beneran deh. Trus untuk resep tumis juga bisa diganti dengan beragam sayuran yang ada, misal di bawah ini aku bikin tumis buncis ma jagung muda, dengan kaldu pakai hati ayam. enakk.

Perkedel Tahu Panggang
Bahan:
1. Tahu putih
2.Telur
3. Wortel
4.Buncis
5.Bawang Merah
6.Bawang Putih
7. Sledri dan daun bawang
8. Garam, merica
Cara:
1. Iris bawang merah dan goreng setengah matang
2.Haluskan bawang putih, garam, merica
3.Cincang buncis dan wortel, dan juga sledri dan daun bawang (potong kecil2)
4.Hancurkan tahu yang sudah direbus sebentar
5.MAsukkan bumbu yang telah dihaluskan ke dalam adonan tahu, tambahkan dengan sayuran cincang, bwang goreng, dan telur
6.Olesi loyang dengan mentega, masukkan adonan tahu, panggang selama 20 menit-an
*mungkin bisa juga digoreng tapi lebih baik meminimalisir minyak


Yang paling spesial...

Nah, ini menu yg paling spesial. Bukan karena dikasih saos bentuk cinta (*hahahaha),tapi karena ini adalah menu pertama yang kita buat berdua (menu selanjutnya adalah apfelstrudel yg gagal, dan kue ubi yang mendekati gagal),semua itu dibuat dengan oven hadiah dari ratih.Dan nggak tanggung-tanggung, kita mulai bikinnya jam 11 malem karena belum ada tanda2 ngantuk :)) Sejak awal mas anas emang niat banget pengin bikin ini, sampe dibela-belain ke supermarket beli loyang oven tapiiii ternyata loyangnya kegedean (ga bisa masuk oven),haha. akhirnya pinjem wadah seadanya dari dapur kosan, hehehe.

Makaroni Panggang

Bahan
1.Makaroni
2.Daging Cincang
3.Keju
4.Bawang bombai, Bawang putih
5.Garam, Merica
6.Susu
Cara
1.Tumis daging cincang dan bawang bombai yang telah dicincang, masukkan sedikit garam dan merica
2.Rebus makaroni,tambahkan sedikit garam dan mentega dalam rebusan (supaya tidak lengket),tiriskan jika sudah kenyal
3.Campurkan daging ke dalam makaroni, tambahkan keju yang telah diparut, dan susu cair. Coba dirasain,kurang garem, merica atau apa
4.tuangkan adonan dalam loyang yang sudah dioles mentega, taburkan keju parut di atasnya
5.Panggang selama 30 menit (atau dikira2, hehe). Sajikan selagi hangat, dengan saos.nyamm
*adonan juga bisa ditambahkan sosis.


Hoho,okee,segitu duluu..semoga bermanfaat buat para pembaca sekaliaan. Dan juga, tambahin ya kalo ada salah2. Alhamdulillah, rasanya senang bisa menghidangkan masakan sendiri, selain hemat dan puas ketika melihat masakan kita laris manis,juga bisa bikin kita berasa Farrah Quinn..haha :p

5 comments:

Momi said...

eh, aku juga pas bikin postingan soal masakan.. :D

Selamat menikmati puas dan nikmatnya masakin suami yah wien.. :)

Wiwien said...

okee moom, aku ke TKP...haha entah ni skrg jadi seneng baca2 blog kuliner :))

Huda Albanna said...

kayaknya yang paling applicable untuk bujangan kos-kosan macam aku adalah yang makaroni panggang ya win? nggak pake ribet, bisa masak pake ricecooker.. hehehe

tapi mungkin nggak pake saos bentuk cinta ;)

Kiki Fauzia said...

Setelah menikah jadi semakin semangat dan rajin memasak ya Mbak? Tuntutan atau kesenangan? Hehehe :)

Wiwien said...

@Huda: iya hud, enak itu buat anak kos, dan hasilnya juga pasti enak karena bahan2nya juga enak hehe.ntar gambarnya diganti uang bulanan :D

@kiki: awalnya kebutuhan ki, trus akhirnya skrg jd kyk kepuasan kalo bs menyajikan masakan sendiri,,,cuma kadang kalo wiken n pengin males2an ya makan di luar, hehe

Post a Comment

 
Copyright 2010 Wien Wien Solution. Powered by Blogger
Blogger Templates created by DeluxeTemplates.net
Wordpress by Wpthemescreator
Blogger Showcase