Wednesday, January 27, 2010

Sarapan Sehat


Dua hari terakhir ini aku sedang sangat tertarik membahas mengenai sarapan sehat. Baik dengan teman kos, teman sekantor, atau search di website...

ada beberapa hal yang kutemukan:

#Menu sarapan nomor 1 :nasi goreng ceplok telur
Biasanya ketika membayangkan sarapan, menu yang tergambar adalah sejenis bubur ayam, nasi uduk,lontong sayur dan nasi goreng ceplok telur (informasi penting: aku bukan bule, jadi ga mbayangin sarapan roti). Nah, menu sarapan nomer satu ini saat ini memiliki kelemahan bagiku karena sebagai anak kos yang belum punya peralatan masak (dan jangan tanya apakah aku udah bisa memasaknya kalaupun punya), aku jadi ga bisa makan itu. Kedua, menu sarapan berat seperti nasi goreng ternyata mengandung 800 kalori atau setara dengan separuh kebutuhan kalori dalam sehari (untuk info lebih lanjut klik di link dari depkes RI di sini). Nah, jadi jika yang berencana akan ikut rapat sehari semalam dimana ada coffee break, makan siang, snack sore dan ditutup makan malam (lengkap dengan dessert dan tetek bengeknya), lupakan menu sarapan nomor satu ini.

#Menu sarapan nomor 2 : Buah apel dan pisang
aku pernah mencoba selama beberapa hari. sarapan buah apel sebanyak 1-2 biji, kadang-kadang ditambah pisang dan air putih. Efeknya tubuh menjadi terasa (atau tersugesti?) sehat dan tidak mengantuk. Tetapi pada hari terakhir menjelang 7 biji apel ku habis,kebetulan juga waktu itu sering berada di ruang ber-AC dan pernah kehujanan, aku jatuh sakit. mungkin karena daya tahan tubuhku ga kuat. jadi menu sarapan nomor 2, kl dilakukan tiap hari, nggak recomended. (hmm..wlpn bisa jadi sih waktu itu aku sakit karena virus kangen..he..he..)

#Menu sarapan nomor 3: Mie instan
aku mencoba sekali, dan rasanya mulutku penuh aroma instan/plastik yang gak enak selama beebrapa jam setelah memakannya. apalagi mie ini hanya tahan mengganjal perut sampai jam 9an. Belum lagi, mie instan adalah makanan yang katanya sulit dicerna. temenku (yang terserah mau di quote apa enggak) pernah bilang kalau mie instan itu baru bisa dicerna tubuh selama 2 minggu. berbeda dengan buah-buahan yg hanya perlu 1 hari untuk dicerna lambung, jadi biasanya hari berikutnya udah keluar menjadi feses kan? nah, waktu itu aku sarapn mie instan hanya karena mau ta tulis di blog! professional sekali kan aku?? (bohong)

#Menu sarapn nomor 4: Oatmeal
Nahhhhhh....hari ini mataku berbinar2 ketika melihat keunggulan makanan outmeal yang terbuat dari serat gandum utuh ini. Katanya sehaaatt banget, bisa mengikat kolesterol (sehingga bagus buat jantung), rendah gula, dan kaya serat sehingga bagus banget buat pencernaan. Kalorinya pun pass bgt untuk sarapan, sehingga menjaga nafsu makan ketika makan siang dan malam. Oatmeal ini juga mulai populer di indonesia (awalnya adalah makana khas irlandia apa skotalndia gtu--apadia atau siapadia gtu ya lupa). Mungkin bentuk yang paling praktis adalah bentuk oatmeal instan, tinggal dikasih air panas dan ditambahi pisang/ strawbery sesuai selera (padahal nyari strawbery yg beneran di sini di mana ya?). Bentuk instan dari oatmeal ini masih tetap sehat kok jadi aman kayaknya.

Nah...jadi, menu nomor 4 inilah yang akhirnya keluar sebagai pemenang menu sarapan tersehat dalam pencarianku hari ini...Kelemahannyaaa:
1.Gambar di atas bukan gambar oatmeal, aku upload di sini karena merupakan satu-satunya gambar makanan yang pernah kufoto sendiri (karena bentuknya OKE, dibela2in foto dulu sebelum ambil :p )
2. Katanya oatmeal ini berasa hambar kalau ga pintar padu padan
3. kelemahan ketiga dari oatmeal : Aku blum pernah mencobaaaaaaaaaa......!!!!!

Ouh..baiklah, setidaknya aku tau apa yang akan kulakukan sehabis nge-blog ini.
Sebungkus oatmeal instan sudah menungguku di convenient store di samping kos-an!

Ps:
trust me if you can,
but if you can't, more info on Oatmeal can be found here ;-)

3 comments:

Anonymous said...

oatmeal dicampur kayu manis, madu, n pisang oke juga lo... (diahkei)

WIWIEN said...

jadi pengin Apfelstruudel mbak.....(pake kayu manis kan ya?)
ih aku masi punya satu tiket bikin apfelstrudel, yay kutunggu kembalimu dan daniel mbak :)

Anonymous said...

PANECAKE GMANA?

Post a Comment

 
Copyright 2010 Wien Wien Solution. Powered by Blogger
Blogger Templates created by DeluxeTemplates.net
Wordpress by Wpthemescreator
Blogger Showcase